Rabu, 15 November 2017

Langkah-Langkah Mebuat Jaringan Client Server Sederhana Menggunakan Cisco Paket Tracer



Assalamualaikum wr wb
Selamat bertemu kembali 😊  Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang tutorial atau langkah-langkah mengenai cara membuat skema jaringan client-server yang sederhana pada Cisco Paket Tracer kepada kalian. Tertarik kan!
Jaringan ini terdiri dari 1 server, 1 switch dan 3 client. Ok langsung saja yaa…


  1. Langkah pertama kita adalah membuka lembar kerja baru pada Cisco Paket Tracer


2. Buat skema jaringan seperti gambar di bawah ini yang terdiri dari 1 server, 1 switch dan 3 client


      3. Hubungkan semua perangkat ke switch dengan memilih connection, gunakan kabel connection yang auto   connect agar memudahkan kita dalam penentuan kabel yang digunakan karena akan terkonek otomatis.
 
4. Jika sudah selesai membuat skema klik icon server, lalu pilih tab service, kemudian pilih menu DHCP. Kemudian pilih ON dana tur IP Address beserta subnet mask nya kemudian klik save.



 5.  Selanjutnya kita beralih pada menu desktop untuk memngatur IP Configuration dan Gateaway



    6. Setelah sudah semuanya kita klik pada icon PC/Client dan atur IP menggunakan pilihan DHCP dan IP Configuration. Lakukan hal yang sama pada PC/Client yang lain. Maka akan didapatkan masing-masing IP address pada tiap client.
IP pada Client 1

IP pada Client 2
IP pada Client 3


7.  Langkah yang terakhir yaitu melakukan pengecekan koneksi dengan cara meklik PC/Client, kemudia pada tab desktop pilih Command Prompt. Kemudian ketikkan ping (IP Address PC/Client yang lain) Seperti contoh dibawah ini, apabila muncul seperti dibawah ini maka jaringan terkoneksi. Namun apabila gagal maka akan muncul tulisan Request Time Out (RTO).








Sekian tutorial atau langkah-langkah membuat skema jaringan menggunakan Cisco Paket Tracer dari Saya. Mohon maaf apabila terlalu cepat atau kurang jelass yaahh…
Sampai bertemu diartikel Saya berikutnya… Dan selamat coba
Wassalamualaikum wr wb 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar